JADWAL PELAKSANAAN
Hari : Jumat
Tanggal : 7 Desember 2012
Tempat : Kampus Unesa Ketintang Surabaya – Jl. Ketintang ( Lapangan Sepak Bola )
Loading motor, Kamis 6 Desember 2012 jam 15.00 sd. Jumat, 7 Desember 2012 jam 03.00 WIB
PENDAFTARAN
1. Pendaftaran bisa di sekretariat panitia tanggal 1 November – 6 Desember 2012.
2. Untuk peserta dari luar kota yang tidak bisa mendaftar langsung ke lokasi membooking dengan menyertakan data motor, nomor polisi, nama pemilik dan kelas diikuti.
3. Panitia tidak menerima penambahan pendaftaran baru pada saat lomba/penjurian.
4. Jumlah peserta tidak dibatasi. Setiap peserta hanya diperbolehkan maksimal ikut satu kelas ( motor sesuai regulasi per kelasnya ).
BIAYA & SYARAT PENDAFTARAN
1. Biaya pendaftaran Rp. 75 ribu.
2. Menyerahkan satu lembar fotocopy kartu identitas yang masih berlaku (KTP/SIM) dan satu lembar fotocopy STNK/BPKB (jika ada).
LOADING MOTOR ( CHECK IN )
1. Daftar ulang/scrutineering/loading dilakukan H-1.
2. Check in (memasukan motor ke arena kontes) dilakukan setelah motor di test jalan dan discrut oleh panitia.
3. Mulai pukul 06.00 WIB motor sudah tertata rapi dalam arena kontes sesuai kelas yang diikuti. Pada saat ini, pemilik motor sudah tidak boleh mengutak-atik motor dan arena kontes disterilkan.
4. Panitia tidak memberikan dispensasi waktu terakhir.
5. Peserta yang terlambat check in hingga batas waktu terakhir tidak akan dinilai (diskualifikasi), tetapi masih diperbolehkan memajang motornya.
6. Peserta yang terlambat/menyatakan mundur, pendaftaran dianggap hangus dan tidak bisa dikembalikan.
UNLOADING MOTOR ( CHECK OUT )
1. Hasil lomba akan diumumkan pada hari H jam 19.00 WIB.
2. Peserta diperbolehkan check out/mengeluarkan motor dan perlengkapannya setelah acara selesai pada jam 22.00 WIB sd selesai.
3. Syarat motor keluar : menyerahkan ID Card/formulir keluar masuk barang atau surat lain yang dikeluarkan panitia.
HAK PESERTA
1. Mendapatkan fasilitas stiker scrut, stiker sponsor, dll.
2. Diperbolehkan membawa peralatan bengkel, kit pembersih, lap, perlengkapan display dan sejenisnya.
3. Diperbolehkan mempersiapkan/mengelap motor sebelum waktu penilaian dengan waktu dan tanda yang ditentukan panitia.
4. Memperoleh perlakuan dan hak sama dengan peserta lain.
5. Panitia menyediakan alas karpet & tidak diperbolehkan memakai aksesoris pelengkap/display seperlunya.
6. Tidak dibenarkan mengutak-atik/perbaikan/mengelap motor selama pameran, kecuali diminta oleh team juri.
7. Peserta diperbolehkan berada di sekitar areal kontes (bukan dalam arena motor) pada saat penjurian dan pameran. Tetapi tidak diperbolehkan menunggui/tidur di arena.
8. Panitia tidak menyediakan ruangan/tenda khusus sebagai tempat istirahat.
JUARA & HADIAH
Juara I : Tropi, Piagam, Uang Pembinaan Rp 750.000
Juara II : Tropi, Piagam, Uang Pembinaan Rp 500.000
Juara III : Tropi, Piagam, Uang Pembinaan Rp 250.000
REGULASI PER KELAS
KELAS ACCESSORIES
A. UMUM
1. Kelas modif motor, tipe bebek, matic dan sport yang dimodif sangat minimalis, memakai variasi toko ( bolt-on )
2. Item penilaian : performa semua bagian motor, kreativitas, aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, inovasi dan paling utama, komposisi, harmonisasi dan keserasian universal.
4. Aplikasi aksesori variasi dalam jumlah banyak/mahal, belum tentu meraih point tinggi, jadi tidak disarankan berlebihan.
5. Bodi, kaki, dan mesin tidak boleh dikrom, dicat ulang atau poles. Kecuali aksesoris standart pabrikan / variasi..
B. BODY
1. Bodi dan warna harus standart motor sesuai dengan keterangan warna STNK.
2. Spesifikasi modif “safety riding”, wajib memasang 2 spion, boleh aseso / standart motor. Wajib memasang platnom standar Kepolisian (bukan bikinan sendiri).
3. Diharuskan ada speedometer, headlamp, signlamp dan stoplamp. Diharuskan part standartnya kecuali signlamp motor sport.
4. Lampu depan, belakang dan kedok depan tidak boleh dicustom apapun, tidak boleh di-fibertrend, dicat/smoke, di-sipitkan.
5. Tidak boleh ganti kedok merek dan jenis lain, tidak boleh style trondol. Khusus motor sport, ganti setang variasi diperbolehkan. Ganti kedok variasi diperbolehkan, asal sesuai spesifikasi merek motor aslinya dan tetap wajib dipasang lampu.
C. FINISHING
1. Bodi, kaki standar, tidak boleh dikrom, dipoles, dianodized, dicat / diganti warna apapun.
2. Stiker standar pabrik bisa dikelupas, bisa diganti dengan stiker variasi sejenis / trans-stiker varasi, tetapi tidak boleh ditambah cutting stiker apapun.
3. Pinstrip dan pemakaian body fully cutting stiker & two tone tidak diperbolehkan.
4. Stiker standar pabrik motor boleh diakali, dipotong, dicoak, tetapi tidak boleh di-cat ulang / ditambah cutting sticker.
5. Gaya modif dibatasi yakni mengutamakan variasi. Style JDM, hotwheel dll + cutting stiker tidak diperbolehkan !
6. Airbrush total, krom bodi, cat krom, krom dicandy tone tidak diperbolehkan.
7. Coak bodi dalam bentuk apapun dilarang, kecuali sebagai media pembantu pemasangan asesoris (misal : pemasangan stabiliser stang bawah). Tanpa IBE !
D. KAKI
1. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh frontal, maksimal pemakaian tabung sok aksesoris, upside down variasi, piringan cakram besar (dudukan / braket kaliper harus variasi, bukan hand made), giga disc, Buell disc asesoris toko, pelek variasi dan “tidak boleh dikrom ataupun dipoles!”. Custom ruji plintir / Ruji rapat / ruji 72 tidak boleh diterapkan.
2. Modifikasi kaki jadi monosok tidak diperbolehkan.
3. Pengereman dibatasi : maksimal single cakram depan. Rem belakang harus standar.
4. Rem belakang tidak boleh diganti cakram, kecuali motor yang standarnya sudah cakram, yakni Satria FU 150, New Tiger Revo, New Megapro, CS-1, New Honda Supra X125, New Jupiter MX dll.
5. Multikaliper dilarang . “Tidak boleh dikrom ataupun dipoles!”
6. Pelek/tromol diutamakan diganti variasi. “Tidak boleh dikrom, CNC ataupun dipoles” kecuali merk variasi tertentu semisal Evo dan kipas yang memang sudah diproses poles dari pabriknya. Khusus untuk motor bebek dan matic “tidak diperkenankan” menggunakan velg palang/ almu variasi motor sport (hella flush)
7. Boleh memakai ban standar pabrik / variasi, dengan alur / tread. Merek dan ukuran tidak dibatasi, tetapi harus menggunakan spek ban sepeda motor.
8. Sistem penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai / cvt).
9. Orbital, gardan, transfer system baru, monosok custom/hand made, cantilever, swingarm custom, V-belt dan Timing belt, monoarm, "tidak diperbolehkan"
10. Jarak sumbu roda belakang harus standart bawaan swing arm. Superstroke / hyperstroke tidak diperbolehkan !
E. MESIN & ASESORIS
1. Asesoris serba multi tidak diperbolehkan.
2. Asesorisnya dibatasi : satu stabilizer, satu oil cooler, satu tachometer dan satu pasang gauge meter (2 buah) dan DILARANG KERAS menggunakan variasi / pernak-pernik mobil. Tidak boleh berlebihan dan tidak boleh ditanam di bodi.
3. Kalter, blok mesin, swingarm, sok depan-belakang, kaliper, piringan cakram, adaptor kaliper, dan tangki “tidak boleh dikrom atau poles! Kecuali produk variasi.”
4. Pijakan kaki/footpeg, batang footstep, standar motor, behel, starter kick tidak boleh dikrom/poles, kecuali dari standarnya.
5. Knalpot bisa diganti variasi, custom made tidak diperbolehkan.
6. Baut-baut dan ring bisa diganti variasi / Posh asal “Tidak boleh dikrom”.
7. Baut L dianjurkan, tetapi pemanis ring baut monel tidak diperbolehkan.
8. Jok dan covernya bebas diganti produk variasi. Dilubangi, Dicoak, aklirik, fiber, single seater, plat & bordes “Tidak diperbolehkan”
KELAS PEMULA / BEGINNER
A. UMUM
1. Untuk motor modif kreasi modifikator pemula, baik tipe bebek, bebek matic, matic dan sport yang dimodif minimalis.
2. Item penilaian : performa semua bagian motor, kreativitas, tema, cat, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, inovasi dan paling utama keserasian universal.
3. Aplikasi aksesori variasi jumlah banyak/mahal, merk cat mahal, belum tentu meraih point tinggi.
4. Bodi, kaki, dan mesin tidak boleh dikrom, anodized, cat krom atau poles. Kecuali aksesoris standart pabrikan.
B. BODY
1. Maksimal bodi standart motor + aksesoris variasi toko.
2. Spesifikasi modif “safety riding”, wajib pasang 2 spion, boleh aseso / standart motor. Wajib pasang
platnom standar kepolisian (bukan buatan sendiri).
3. Diharuskan ada speedometer, headlamp, signlamp dan stoplamp. Dianjurkan part standartnya. Lampu dan
kedok depan boleh dicustom fiber minimalis, tidak boleh berlebihan. Tapi tidak boleh ganti kedok merek
dan jenis lain atau style trondol. Ganti kedok variasi diperbolehkan, asal sesuai spesifikasi merek motor
standar aslinya dan wajib dipasang lampu.
4. Bodi harus standar, boleh diganti warna tampilan polos atau efek minimalis.
5. Cat bunglon, mutiara, hologram, glitter, xyralic, efek-efek diperbolehkan, kecuali: two tone,Tri kolore,
ghost flame, motif Hot wheel, dub city, tidak diperbolehkan.
6. Stiker standar pabrik bisa dikelupas, boleh ganti cutting stiker/pinstrip/digital print dan dianjurkan tidak
berlebihan. Body fully cutting stiker, fully digital printing & two tone blok tidak diperbolehkan.
7. Airbrush total, krom bodi, cat krom, krom yang dicandy tone “Tidak diperbolehkan”.
8. Mencoak bodi diperbolehkan sepanjang tidak frontal, hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik
asesoris (bukan pendukung bodi), seperti rumah tacho.
9. IBE tidak diperbolehkan !
C. KAKI
1. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh frontal, maksimal ganti tabung sok
aksesoris, upside down variasi, piringan cakram besar, giga disc, Buell disc asesoris toko, pelek variasi dan
“tidak boleh dikrom ataupun dipoles!”.
2. Modifikasi kaki jadi monosok tidak diperbolehkan, kecuali bagi motor yang dari standarnya sudah ber
monosok. ( Jupiter MX, Tiger New, Satria FU dll )
3. Pengereman dibatasi ; maksimal single cakram depan & belakang (sisi kanan untuk rem belakang).
Multikaliper tidak diperbolehkan. “Tidak boleh dikrom atupun dipoles!”
4. Pelek - tromol diutamakan diganti variasi. “Tidak boleh dikrom, CNC ataupun dipoles” kecuali merk variasi
tertentu semisal Evo dan kipas yang memang sudah diproses poles dari pabriknya.
5. Untuk matic tidak diperbolehkan memakai velg palang non matic R-17, kecuali variasi khusus matic R-17.
Pelek model jeruji almu diperbolehkan, bisa memakai ukuran R-17. Ruji tidak boleh dicustom / diplintir
dll.
6. Boleh memakai ban standar pabrik / variasi, dengan alur / tread / polosan / slick. Tidak dibatasi ukuran,
harus menggunakan ban sepeda motor.
7. Sistem penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai / cvt belt ).
8. Orbital, gardan, transfer system baru, monosok custom/hand made, cantilever, swingarm custom, V-belt
dan Timing belt, monoarm, "tidak diperbolehkan"
D. MESIN & ASESORIS
1. Asesoris serba multi tidak diperbolehkan.
2. Asesoris dibatasi : satu stabiliser, satu oil cooler, satu tachometer dan sepasang gauge meter. Variasi
pernak-pernik mobil/custom, contohnya: filter bensin, sekring audio, towing bar, hod pin kit, dll tidak
boleh berlebihan.
3. Kalter, blok mesin, swingarm, sok depan-belakang, kaliper, piringan cakram, adaptor kaliper, dan tangki
“tidak boleh dikrom atau poles! Kecuali produk variasi.”
4. Pijakan kaki/footpegs, batang footpegs, standar motor, behel, starter kick tidak boleh dikrom/poles,
kecuali dari standarnya.
5. Finishing detail dengan cara “teknik laminasi paper model karbon dan sejenisnya” tidak diperbolehkan,
kecuali dilapis stiker atau dicat dengan matras kasa.
6. Braket aklirik custom, engsel almari dilarang.
7. Knalpot bisa diganti variasi, kecuali custom made dilarang.
8. Baut-baut dan ring bisa diganti variasi atau Posh asal “Tidak boleh dikrom”.
9. Baut L boleh, tetapi pemanis ring baut monel tidak diperbolehkan.
10.Jok dan covernya bebas diganti produk variasi. Aklirik, fiber, single seater, plat & bordes “Tidak diperbolehkan”
KELAS FUNKY ( NON TRANSBODY )
UMUM
1. Kelas modifikasi motor baik bebek, sport dan matik , yang dimodif funky minimalis. Tujuannya kelas ini bagi motor modif minimalis, biasa dipakai harian.
2. Model/style bebas, termasuk high profile, minimalis, Dub City, Hot wheels, low rider, Jap’s Style, Retro Style, motor thailand, road race, motor ceper, dll.
3. Item penilaian : performa semua bagian motor, inovasi, tema, kreativitas, cat/airbrush, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, tingkat kesulitan, dan keserasian universal.
BODY
4. Maksimal “bodi masih orsi motor" dengan pemasangan aksesoris variasi toko.
5. Transfer body / kawin silang “body part” dengan varian motor apapun tidak diperbolehkan.
6. Lampu dan kedok depan boleh dicustom fiber minimalis, tidak boleh berlebihan. Tapi tidak boleh ganti kedok merek dan jenis lain atau style trondol. Ganti kedok variasi diperbolehkan, asal sesuai spesifikasi merek standar aslinya dan wajib dipasang lampu.
7. Mencoak bodi diperbolehkan, sepanjang tidak frontal.
8. Aplikasi fibertrens hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik asesoris dan pendukung bodi dalam skala kecil (sebatas head lamp, visor, stop lamp dan spatbor). Kedok buta - lampu bajak laut diperbolehkan, asal tetap memakai lampu.
9. Aplikasi krom body diperbolehkan.
KAKI-KAKI
10. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh terlalu frontal, maksimal pemakaian tabung sok aksesoris, monosok, piringan cakram besar/Ninja, giga disc dan Buell disc asesoris toko.
11. Untuk kaki-kaki motor matik, maksimal pada penggantian asesoris seperti tabung sok, cakram, panel kontrol, CVT boks dll.
12. Aplikasi pengereman, maksimal dobel disc depan dan single disc belakang sebelah kanan. Untuk matik, rem belakang bisa dipindah ke sebelah kiri.
13. Multi kaliper dalam satu disc tidak diperbolehkan.
14. Sistem penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai / cvt belt ).
15. Orbital, gardan, transfer system baru, cantilever, V-belt dan Timing belt, monoarm, "tidak diperbolehkan"
16. Untuk matik, perubahan konstruksi monosok diperbolehkan (pro-link, center monosok, right monosok).
17. Harus menggunakan pelek dan ban sepeda motor. Pemakaian pelek custom dari bahan pelek non motor seperti eks mobil tidak diperbolehkan.
18. Untuk matik, perubahan kaki dari 14 inchi ke diameter yang lebih besar atau lebih kecil diperbolehkan (8/10/12/16/17 inch)
ASESORIS
19. Aplikasi aksesori variasi dalam jumlah banyak dan mahal belum tentu meraih point tinggi. Aplikasi dan trend asesoris khas Dubcity / Hotwheels seperti blink-blink, kulit, logo, berlian, luxurius aseso ataupun trend aseso terbaru dan fresh menambah poin penilaian.
20. Aplikasi IBE tidak diperbolehkan, kecuali disisipkan (dimasukkan) dalam jok sebagai pelengkap/pemanis.
21. Monel, baut L, emblem, Swarovsky, Posh diperbolehkan.
22. Multi karbu untuk asesoris tidak diperbolehkan.
KELAS STREET RACING
1. Kelas khusus motor modif aliran racing harian / racing funky, bisa bebek / sport / matic model racing minimalis.
2. Tidak dibatasi kapasitas / jenis mesin. Kecepatan dan kekuatan mesin (power output) tidak dihitung, hanya mengutamakan showbike only dengan performa luar sebagai item penilaian utama.
3. Nosin dan noka tidak boleh diganti (harus sesuai STNK). Modifikasi rangka, pemakaian rangka baru (handmade) atau mencomot merek lain tidak diperbolehkan.
4. Model racing harian, harus dilengkapi body minimal 80% utuh serta wajib dilengkapi lampu depan dan belakang.
5. Part body boleh diganti dengan teknik pengerjaan mix & match body, teknik transfer body tidak diperbolehkan.
6. Aplikasi stoping system dibatasi 1 unit cakram depan dan 1 unit cakram belakang (satu disc dan satu kaliper di tiap cakramnya sebelah kanan untuk sport dan bebek).
7. Finishing maksimal grafis minimalis dan masih menonjolkan warna dasar (bukan warna nano-nano), krom rangka diperbolehkan.
8. Coak rangka dan body dilarang, kecuali sekedar pelubangan body, namun tidak frontal.
9. Pemakaian komponen racing dan variasi seperti karburator, intake manifold, pengapian, oil cooler, knalpot, footstep, diperbolehkan. Tetapi, penggunaan part dan asesoris mahal dan banyak bukan menentukan poin tinggi.
10. Penggerak konvensional. Harus memakai pelek / ban sepeda motor. Pelek custom eks mobil tidak diperbolehkan!
11. Pemakaian pelek jeruji minim wajib 36 buah / lingkar pelek, tidak boleh kurang atau lebih. Jeruji model pelintir diperbolehkan. Jeruji jarang/kurang, custom dari betoneser, atau gabungan jeruji dengan pelek palang tidak diperbolehkan.
12. Aplikasi asesoris lain bebas, jok maksimal diganti kover. Single seater, plat, bordes, akrilik dilarang.
13. Layak jalan dan fungsional
KELAS RACING LOOK ( BEBEK & SPORT – MATIC )
1. Kelas modifikasi gaya balap lokal. Tipe motor bebas, bisa bebek, sport dan matik. Aliran modifnya dibatasi, yakni model drag race dan road race, agar lebih mengangkat modif gaya balap anak negeri.
2. Tidak dibatasi kapasitas ataupun jenis mesin. Kecepatan dan kekuatan mesin (power output) tidak dihitung, hanya mengutamakan showbike only dengan performa luar sebagai item penilaian utama.
3. Aliran racing look terbatas, khusus model drag race dan road race.
4. Rangka tidak boleh diganti (harus sesuai STNK). Pemakaian rangka baru (handmade) atau mencomot merek lain tidak diperbolehkan.
5. Model telanjang (drag bike), main bone tidak boleh dipotong, subframe bisa disesuaikan/ dire-konstruksi.
6. Mesin, harus tetap menyertakan nosin, tetapi part mesin bisa diganti dengan variasi balap, termasuk penggantian silinder kop, kalter, girboks ataupun jeroan mesin.
7. Pemakaian komponen racing dan variasi seperti karburator, intake manifold, pengapian, oil cooler, knalpot, footstep, diperbolehkan. Tetapi, penggunaan part dan asesoris mahal dan banyak bukan menentukan poin tinggi.
8. Harus menggunakan “pelek dan ban sepeda motor”, bisa standar ataupun variasi racing. Pelek custom eks mobil tidak diperbolehkan.
9. Kaki-kaki bisa diganti variasi, tetapi sistem penggerak harus konvensional, harus rantai untuk bebek dan CVT untuk matic.
10. Body fiber/plat diperbolehkan. Cat/brush/krom bebas. Aplikasi asesoris penunjang, termasuk jok single seater, plat, bordes bebas. Pemakaian lampu boleh pakai, boleh tidak (fakultatif)
11. Item penilaian terdiri atas performa luar, komposisi, ide kreasi baru, trend anyar, cat/airbrush, kelistrikan, tingkat kesulitan dan tipstrick menaklukan sebuah masalah modifikasi racing look, trouble shooting dan keserasian universal.